Tuesday, June 12, 2012

Mengapa air laut asin?

Pertanyaan di atas merupakan alasan saya untuk menulis postingan yang membahas tentang mengapa air laut bisa asin? Apakah karena orang sering mandi di laut sehingga keringat mereka tertinggal dan menyebabkan air laut menjadi asin?

Itu cuma intermezo saja. Berikut penjelasan ilmiahnya. Sebenarnya semua air di bumi (termasuk sungai, danau, dll) mengandung garam (NaCl), tetapi karena kandungan garamnya sedikit, makanya tidak terasa asin. Tetapi mengapa air laut bisa sangat asin?

Pada awalnya, air laut juga sama seperti air sungai/danau, tidak asin seperti sekarang. Tetapi karena setiap saat air sungai mengirimkan debit air yang bermuara ke laut, makanya garam yang terkandung di dalam air sungai tersebut terakumulasi di lautan sejak berjuta-juta tahun lalu, sehingga sekarang air laut menjadi sangat asin disebabkan oleh banyaknya jumlah garam yang terkumpul di lautan.

Sekedar info,  air laut lebih asin 220 kali lipat dibandingkan dengan air-air lainnya. Tetapi mengapa saat hujan, air sungai tidak menjadi asin? bukankah hujan berasal dari air yang menguap, termasuk dari air laut? Pada saat terjadi proses penguapan, garam yang berada di laut tidak ikut menguap, jadi masih tetap tertinggal di dasar laut.

Itu dia penjelasan singkat mengapa air laut asin. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
Terima kasih atas waktunya..



No comments:

Post a Comment

Saya akan sangat berterima kasih jika kawan-kawan bersedia mengisi kolom komentar