Saturday, June 2, 2012

Mengapa pakaian operasi berwarna hijau?

Assalamu 'alaikum...

Sering kita melihat dokter/suster menggunakan pakaian berwarna putih dalam aktivitasnya. Tapi mengapa saat melakukan operasi terhadap pasien, mereka mengganti dengan pakaian yang berwarna hijau? Apa alasannya? Mengapa begitu?

Saat melakukan operasi, dokter akan sering berurusan dengan darah yang berwarna merah (ya ialah, mana ada darah berwarna biru, kecuali keturunan ningrat, he..he..he). Jika terlalu lama menatap sesuatu yang berwarna merah, maka mata akan kehilangan kepekaan terhadap warna merah itu sendiri, dan hal ini bisa mengganggu dalam kegiatan operasi. 

Jadi, untuk mengembalikan kepekaan mata terhadap warna merah, maka dokter harus melihat sesuatu yang berwarna hijau, maka digunakanlah pakaian yang berwarna hijau  agar saat itu juga bisa menetralkan penglihatan dokter (kan tidak lucu saat operasi sedang berlangsung, dokter harus keluar melihat pepohonan yang berwarna hijau untuk menetralkan penglihatannya.. Bisa-bisa pasiennya keburu bangun sebelum operasinya selesai)

Tapi kenapa harus warna hijau? Dalam roda warna, warna merah berlawanan dengan warna hijau sehingga bisa menetralkan dan menyegarkan pandangan sang dokter. Dan menurut fakta,  warna hijau juga adalah warna yang nyaman bagi mata, itulah sebabnya para ahli menyarankan kita untuk sesekali menatap warna hijau jika sudah terlalu lama beraktivitas di depan monitor komputer, agar mata kita tidak cepat rusak. 

Sekian dulu yah, penjelasannya. Jika ada argumen lain silakan kawan-kawan "lampiaskan" di kolom komentar. Semoga tulisan kali ini bermanfaat, Amin...

Terima kasih atas waktunya
Sampai ketemu di postingan selanjutnya,
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Saya akan sangat berterima kasih jika kawan-kawan bersedia mengisi kolom komentar